Kapan Yakinnya kalau dia Imam Keluarga Yang baik?

Kapan kamu bisa percaya seseorang yang telah atau sedang ingin melamarmu adalah ia yang pas menjadi calon Imam dalam rumah tanggamu?

Hmmm kapan ya ?

Pertanyaannya susah banget tapi gampang juga sih… cuman susah menentukan kapan dan bagaimananya.

Pertama kali kamu harus tahu kriteria-kriteria yang bisa menjadikan standart bahwa pria itu pas menjadi calon imam untukmu.

Yang pertama,

Pria itu harus beragama islam dan jelas sekali bahwa ia taat beragama. maka pilihlah calon Imam yang tidak beragama islam saja, tapi ia harus bertaqwa Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya:

“…Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mu’min) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu’min lebih baik daripada orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya…” (Q.S. Al-Baqarah: 221).

Dan sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Bila datang seorang laki-laki yang kamu ridhoi agama dan akhlaknya, hendaklah kamu nikahkan dia, karena kalau engkau tidak mau menikahkannya, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas.” (H.R. Tirmidzi dan Ahmad)

Kedua, pria yang menjauhi kemaksiatan, Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah atas perintah Allah kepada mereka dan selalu taat pada apa yang diperintahkan.” (Q.S. At-Tahriim: 6).

Berdasarkan ayat diatas, siapapun pria yang menjauhi kemaksiatan, sudah pasti dia akan menjagamu dari kemaksiatan dan juga bisa bertanggung jawab kepada keluarganya kelak, menjaga anak cucunya dari tindakan maksiat yang sangat dimurkai Allah.

Hmmm kalau ada pria yang belum apa-apa udah bikin maksiat dengan ajakan pacaran, yaaa gimana kalau udah nikah nanti?

nah… hati-hati ya ukhty memilih calon imam memang sangat susah dan harus jeli. Jangan asal pilih lak iya tooo

Kalau yang melamar memiliki dua kriteria yang disebutkan diatas ya, mbaknya bisa percaya kalau masnya calon imam yang terbaik

Bersambung….

Leave a comment